Tips Mengatasi Keterlambatan Pengiriman Cargo Dari China

Spread the love

Dewasa ini, bisnis yang dilakukan antar negara menjadi salah satu tren yang populer dan juga menjanjikan dalam kurun waktu beberapa tahun ke belakang. Banyak sekali perusahaan-perusahaan di seluruh belahan dunia berlomba-lomba mengimpor barang dari China.’

Hal ini dilakukan karena harga barang-barang asal China ini terhitung murah dan memiliki kualitas yang bersaing. Itulah mengapa saat ini banyak sekali beredar barang-barang yang merupakan produksi asal China di setiap negara yang ada di belahan dunia mana pun.

Meskipun memiliki harga terjangkau dan juga kualitas yang lumayan baik, namun ada satu kendala yang ditakutkan oleh banyak perusahaan yang melakukan impor barang dari China. Masalah atau kendala yang dimaksud adalah keterlambatan pada waktu pengiriman barang.

Keterlambatan dalam pengiriman barang atau cargo ini tentu berimbas buruk bagi perusahaan yang melakukan proses impor barang dari China. Selain biaya produksi yang bertambah, produksi juga akan terhambat yang dapat menyebabkan tingkat kepercayaan pelanggan dapat menurun.

Beberapa Tips Jitu Untuk Mengatasi Terlambatnya Pengiriman Cargo

Terlambatnya proses pengiriman cargo dari China dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor tersebut diantaranya adalah cuaca yang buruk, permasalahan dalam bea dan cukai hingga ke masalah logistik yang terjadi di negara China itu sendiri.

Apabila Anda salah seorang yang terkena imbas keterlambatan pengiriman cargo, Anda tidak perlu lagi khawatir. Berikut ini ada beberapa tips jitu dalam mengatasi terlambatnya pengiriman cargo yang dikirimkan dari negara China.

Pilih durasi pengiriman yang panjang

Tips pertama yang bisa Anda pilih untuk mengatasi keterlambatan pengiriman cargo adalah dengan memilih durasi pengiriman yang panjang. Dengan adanya tambahan waktu yang panjang, sudah pasti waktu produksi dan kegiatan bisnis tidak akan terganggu.

Anda dapat memilih durasi pengiriman dalam tempo waktu yang lebih panjang. Misalkan saja Anda memilih durasi waktu mencapai 2 hingga 3 minggu pengiriman sebelum barang yang Anda kirim tersebut dibutuhkan.

Baca juga : Cara Menghitung Estimasi Biaya Ekspor Pengiriman Barang

Gunakan jasa ekspedisi yang terpercaya

Pemilihan jasa ekspedisi yang tepat dan juga terpercaya tentu sangat penting, apalagi jika pengiriman sudah mencakup pengiriman antar negara. Selain terjamin akan keamanan dan keselamatan barang, waktu pengiriman juga akan selalu tepat waktu.

Sebelum Anda melakukan pengiriman barang, ada baiknya Anda melakukan riset terhadap jasa ekspedisi yang akan Anda gunakan. Usahakan Anda menggunakan jasa ekspedisi yang berpengalaman akan pengiriman barang antar negara dan memiliki reputasi yang bagus.

Pahami peraturan bea cukai

Proses pengiriman barang, apalagi pengiriman antar negara pasti berurusan dengan bea cukai. Peraturan bea cukai setiap negara sudah pasti berbeda-beda. Anda harus dapat memahami peraturan negara tempat Anda melakukan proses pengiriman barang.

Pastikan juga Anda sudah melengkapi dokumen-dokumen atau berkas yang dibutuhkan untuk sebelum proses pengiriman barang dilakukan. Anda dapat melakukan pelacakan pengiriman barang dan memastikan dokumen sudah lengkap serta memenuhi syarat yang berlaku.

Lakukan komunikasi dengan jasa ekspedisi serta pemasok barang

Ketika masalah keterlambatan sudah terlanjur terjadi, usahakan Anda untuk sesegera mungkin melakukan komunikasi dengan pihak jasa ekspedisi dan pemasok barang. Hal ini perlu Anda lakukan supaya Anda mengetahui masalah yang menyebabkan keterlambatan pengiriman.

Pergunakan layanan asuransi

Yang terakhir, Anda dapat menggunakan layanan asuransi. Untuk pengiriman cargo lintas negara, Anda sudah pasti harus dan wajib menggunakan layanan asuransi. Ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang mungkin tidak Anda inginkan terjadi.

Layanan asuransi seperti ini melindungi barang Anda dari risiko kerusakan atau kehilangan pada proses pengiriman. Asuransi seperti ini juga berguna agar Anda dapat terhindar dari kerugian apabila barang mengalami masalah keterlambatan dalam proses pengiriman.

Hal Yang Perlu Dilakukan Ketika Mengalami Keterlambatan Pengiriman Cargo

Ketika Anda mengalami langsung keterlambatan pengiriman cargo dari luar negeri, Anda tidak perlu merasa panik serta khawatir. Saat hal tersebut Anda alami, Anda hanya perlu melakukan beberapa hal berikut ini untuk menyelesaikan masalah keterlambatan tersebut.

Cari tahu penyebabnya

Yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah mengetahui penyebab dari keterlambatan pengiriman. Ada banyak faktor penyebab keterlambatan seperti cuaca buruk, faktor logistik hingga masalah bea cukai. Setelah Anda mengetahui masalahnya, selanjutnya Anda dapat mencari solusi terbaik agar ke depannya tidak mengalami hal serupa.

Pergunakan layanan pelacak pengiriman

Anda dapat menggunakan layanan ini untuk mengetahui posisi barang Anda berada saat terjadi keterlambatan. Dengan menggunakan layanan ini, Anda dapat mengetahui estimasi barang akan sampai ke tempat tujuan.

Segera siapkan rencana alternatif

Sebelum mengalami keterlambatan pengiriman, usahakan Anda sudah memiliki rencana alternatif lainnya. Hal ini dilakukan agar Anda tidak menelan kerugian yang besar serta kegiatan produksi dan bisnis yang Anda lakukan jadi tidak terhambat.

Dengan memahami tips dan juga hal yang perlu dilakukan saat terjadi keterlambatan pengiriman cargo, Anda tidak perlu merasa panik saat hal tersebut terjadi. Banyak faktor yang dapat menyebabkan hal tersebut terjadi, apalagi jika Anda melakukan pengiriman barang lintas negara.

Baca juga : Tips Memilih Jenis Packing Pengiriman Cargo