Pentingnya Asuransi Dalam Pengiriman Barang

Spread the love

Di era yang serba digital sekarang ini transaksi online lebih banyak dipilih masyarakat. Berbagai kelebihan yang dimiliki transaksi online menjadikannya banyak dipilih masyarakat. Meski banyak kelebihan yang dimiliki karena bisa membuat para konsumen melakukan transaksi kapan pun dan dimanapun namun di awal kemunculannya banyak sekali berbagai kejahatan yang terjadi.

Berbagai kasus penipuan kerap terjadi di awal-awal toko online bermunculan. Tidak hanya dari produsen bodong yang menipu, konsumen yang melakukan kecurangan juga banyak terjadi. Akan tetapi seiring dengan adanya kasus tersebut, saat ini masyarakat sudah semakin pintar dalam memilih toko online yang terpercaya terlebih saat ini sudah banyak e-commerce yang banyak membantu para produsen maupun konsumen.

Pentingnya Asuransi Dalam Pengiriman Barang

Salah satu hal yang saat ini menjadi pertimbangan para konsumen dalam melakukan transaksi online adalah adanya asuransi. Saat ini konsumen akan semakin yakin untuk membeli barang secara online apabila produsen memilih jasa pengiriman yang menyediakan asuransi. Jadi para konsumen tidak akan merasa tertipu serta merasa aman dalam melakukan transaksi.

Mengenai apa saja kegunaan atau pentingnya asuransi pada pengiriman barang bisa simak penjelasan berikut ini.

Mengurangi risiko kehilangan

Seperti yang sudah diketahui bahwa kegunaan dari asuransi pada pengiriman barang adalah melindungi paket agar tetap aman. Salah satunya yaitu untuk mengurangi risiko kehilangan barang, seperti yang disebutkan di awal tadi beberapa tindak kecurangan adalah penipuan, salah satunya adalah barang yang tidak sampai kepada pembeli.

Nah, dengan menggunakan asuransi ini maka Anda akan bisa merasa lebih tenang karena jika terjadi kehilangan maka yang akan menanggung hal tersebut adalah pihak asuransi. Jadi ketika Anda akan melakukan sebuah transaksi Anda bisa melakukan klaim kehilangan barang yang sudah dipesan atau sedang dikirimkan.

Mengurangi risiko adanya kerusakan pada barang

Perlindungan selanjutnya yang dimiliki asuransi adalah mengurangi risiko kerusakan barang. Ketika dalam proses pengiriman berbagai hal memang mungkin terjadi, salah satunya adalah kerusakan ini. Bisa terjadi karena adanya benturan yang dilakukan oleh pihak maskapai dan lain sebagainya.

Barang yang perlu menggunakan asuransi adalah barang yang berisiko tinggi seperti barang elektronik ataupun gadget. Jadi ketika Anda memilih adanya asuransi pada paket ini Anda tidak perlu merasa khawatir selama proses pengiriman karena jika suatu hal terjadi, ketika Anda sudah melakukan klaim maka pihak asuransilah yang akan menanggung berbagai hal yang mungkin terjadi.

Baca juga : 5 Alasan Memilih Jasa Pengiriman Cargo China

Mencegah kerugian pada barang yang tidak sesuai dengan deskripsi produk

Seperti yang diketahui bahwa berbelanja online sangatlah mudah, cepat dan juga sangat praktis. Anda tidak perlu pergi ke tokonya secara langsung, hanya melihatnya melalui ponsel dan memilih barang impian kapan pun dan dimanapun adalah hal yang sangat menyenangkan.

Akan tetapi berdasarkan berbagai pengalaman yang telah dirasakan kebanyakan orang, kebanyakan mengklaim beberapa produk yang dipilih ternyata tidak sesuai dengan aslinya. Nah, ternyata untuk mengatasi hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan asuransi loh.

Jadi dengan perlindungan asuransi, Anda bisa mencegah adanya kerugian terhadap suatu barang yang tidak sesuai dengan deskripsi produk yang dijelaskan oleh produsen. Jadi Anda tentu tidak akan merasa rugi, jika ternyata barang tersebut sangat berbeda jauh dengan ekspektasi maupun tidak sesuai dengan deskripsinya maka Anda bisa mengembalikan barang tersebut dengan catatan mengklaim asuransi dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Adanya jaminan harga yang terjangkau

Hal selanjutnya yang menjadikan asuransi penting untuk dipilih ketika melakukan pengiriman barang ataupun bertransaksi secara online adalah adanya jaminan harga yang terjangkau. Tahukah Anda ternyata biaya dari asuransi ini tergantung dari jenis ataupun berat produk yang akan dikirim loh.

Jadi harga asuransi ini cukup bervariasi tergantung kedua hal tersebut, namun jika Anda ingin mengetahui berapa biaya asuransi standarnya memang bisa disesuaikan dengan tingkat keamanan yang diinginkan. Seperti yang diketahui Anda tentunya ingin mendapatkan perlindungan dan keamanan yang cukup tinggi, oleh karena itu harga asuransinya juga tentunya akan sedikit lebih tinggi.

Beberapa jasa asuransi biasanya ada yang mematok harga 0,3% dari nilai atau harga produk yang dilaporkan dimana biaya ini akan otomatis ditambahkan dengan biaya pengiriman yang berlaku.

Demikian beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang apa saja pentingnya keberadaan asuransi pada pengiriman barang. Kini Anda semakin mengetahui seberapa pentingnya asuransi ini, untuk itu Anda tidak akan memandang sebelah mata lagi tentang kegunaan dari asuransi.

Seperti yang disebutkan tadi, beberapa produk mungkin ada yang tidak perlu menggunakan asuransi. Akan tetapi untuk beberapa barang yang riskan seperti peralatan elektronik ataupun gadget sangat disarankan untuk menggunakan asuransi, dengan biaya yang tidak seberapa namun memiliki perlindungan yang sangat besar pada paket Anda.

Baca juga : Cara Menghitung Estimasi Biaya Ekspor Pengiriman Barang