Tips Memilih Jenis Packing Pengiriman Cargo

Spread the love

Pengiriman cargo atau ekspedisi saat ini menjadi hal yang digunakan terutama jika Anda melakukan pengiriman barang lintas negara seperti misalnya mengirim cargo China. Pengiriman cargo sendiri merupakan pengiriman barang dengan jumlah dan volume besar dan biasanya dilakukan antar negara.

Untuk dapat melakukan pengiriman cargo, yang perlu Anda lakukan adalah menghubungi pihak yang menyediakan layanan ekspedisi atau pengiriman cargo. Ada tiga jenis layanan yang ditawarkan, yaitu pengiriman cargo melalui darat, laut maupun juga lewat udara.

Sebelum melakukan proses pengiriman cargo, Anda terlebih dahulu akan diminta untuk melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan. Selain itu, Anda juga harus memastikan jika barang yang hendak dikirim dikemas dengan baik dan benar untuk meminimalisir kerusakan selama pengiriman.

Karena proses pengiriman yang menempuh waktu lumayan lama, pastikan Anda menggunakan jenis kemasan atau packing yang sesuai. Hal ini demi menjamin keselamatan dan keamanan barang yang dikirimkan ketika sampai di tempat tujuan pengiriman.

5 Tips Memilih Jenis Packing Yang Tepat Dalam Pengiriman Cargo

Jika Anda hendak mengirimkan barang menggunakan cargo, tentu Anda ingin barang yang dikirimkan tersebut terjamin akan keselamatan dan juga keamanannya hingga sampai ke tempat yang akan dituju. Untuk itulah diperlukan adanya jenis packing yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Untuk Anda sekalian yang masih kebingungan mengenai jenis packing yang harus digunakan dalam pengiriman cargo, Anda dapat menyimak 5 tips memilih jenis packing yang tepat dalam pengiriman barang menggunakan cargo atau jasa ekspedisi.

Usahakan memilih jenis packing yang kuat, awet serta tahan banting

Untuk dapat menjamin keamanan dan keselamatan barang yang hendak dikirimkan, Anda harus memilih jenis packing yang kuat, awet dan juga tahan banting. Hal ini diperlukan sebab barang akan terus mengalami guncangan selama perjalanan menuju ke tempat tujuan.

Dengan menggunakan bahan packing yang kuat dan kokoh, misalnya saja kardus maupun kayu, ini akan membantu meredam benturan dan guncangan selama perjalanan. Ini juga dapat menghindari kerusakan yang bisa timbul saat proses pengiriman.

Baca juga : Cara Menghitung Estimasi Biaya Ekspor Pengiriman Barang

Sesuaikan ukuran dan dimensi dengan barang

Usahakan agar packing yang Anda gunakan memiliki ukuran serta dimensi yang sesuai dengan barang yang hendak Anda kirimkan. Kesesuaian ukuran dan dimensi dapat menghindarkan barang Anda dari segala jenis potensi kerusakan.

Misalnya saja barang yang Anda miliki berukuran lebih besar maupun lebih kecil dari packing yang digunakan. Potensi packing akan rusak selama perjalanan menjadi semakin besar dan mungkin juga barang yang Anda kirim akan mengalami kerusakan yang sama.

Usahakan menggunakan bahan packing yang kedap air dan udara

Penggunaan bahan packing yang kedap air dan udara diutamakan jika Anda hendak melakukan pengiriman cargo seperti cargo China. Menggunakan bahan tersebut tentu meningkatkan keamanan dari barang yang hendak Anda kirimkan.

Adanya packing berbahan kedap air dan udara membantu menahan barang dari kondisi cuaca yang ekstrem serta juga lingkungan yang lembab. Perlindungan seperti ini dinilai perlu, apalagi proses pengiriman membutuhkan waktu yang relatif lama.

Pilih jenis packing yang mempermudah proses identifikasi

Supaya barang yang Anda kirim mudah ditemukan serta diidentifikasi, Anda wajib memilih jenis packing seperti ini. Menggunakan packing jenis ini membantu Anda ketika proses pengiriman maupun juga saat proses pengambilan barang.

Anda dapat menggunakan label sebagai tanda jika barang yang dikirimkan itu merupakan barang milik Anda. Selalu pastikan juga jika nomor urut pada barang Anda terlihat jelas agar memudahkan dalam proses pencarian, pelacakan dan identifikasi.

Mempertimbangkan jenis barang yang hendak dikirimkan

Selain mempertimbangkan jenis packing yang digunakan, Anda juga harus mempertimbangkan terlebih dahulu jenis barang yang hendak Anda kirim. Penentuan jenis packing sudah pasti harus disesuaikan dengan jenis barang yang akan dikirimkan.

Sebagai contoh Anda mengirim barang yang mudah pecah, maka jenis packing dengan bubble wrap data menjadi solusi bagi Anda. Jika barang yang akan dikirim sangat berat, usahakan memilih packing yang mampu menahan beban berat tidak gampang rusak.

Pemilihan jenis packing yang tepat terbilang merupakan faktor penting guna menjamin keselamatan dan keamanan barang yang dikirimkan selama proses pengiriman hingga ke tempat tujuan. Dengan memperhatikan tips memilih packing tersebut di atas, semoga Anda tidak kebingungan sewaktu akan melakukan pengemasan barang sebelum proses pengiriman.

Alasan Penggunaan Packing Sebelum Dilakukan Pengiriman Barang

Sejatinya, packing atau proses pengepakan merupakan proses melakukan pengemasan pada suatu barang sebelum dikirimkan menuju ke tempat tujuan ataupun penerima. Tujuan dari packing adalah untuk menjamin keamanan seta keselamatan barang yang hendak dikirimkan.

Menilik pentingnya menggunakan packing sewaktu mengirim barang, Anda semua pun harus tahu beberapa alasan penggunaan packing yang dilakukan sebelum dilakukannya proses pengiriman barang menuju alamat yang dituju.

Memberikan perlindungan barang dari potensi kerusakan

Alasan pertama digunakannya packing tentu saja untuk memberikan perlindungan pada barang yang dikirim agar terhindar dari potensi kerusakan yang dapat terjadi selama proses pengiriman barang.

Ketika barang sedang dalam perjalanan menuju alamat penerima, barang tersebut dapat mengalami goyangan, guncangan maupun benturan yang berpotensi menyebabkan kerusakan pada barang. Untuk itu adanya packing dapat menghindarkan terjadinya hal tersebut.

Meningkatkan proteksi dan keamanan

Selain memberikan perlindungan, packing juga mampu meningkatkan proteksi dan keamanan pada barang yang hendak dikirimkan. Dengan menggunakan packing yang tepat, hal-hal seperti barang hilang dan dicuri dapat diminimalisir.

Proses pengemasan yang benar membantu kurir maupun pihak pengiriman untuk melakukan standar pengamanan barang yang sesuai. Bahkan kurir maupun pihak pengiriman dapat melakukan tindakan yang berfungsi untuk memastikan barang tetap aman selama perjalanan.

Lebih hemat biaya

Pengiriman barang menjadi lebih efisien serta jauh menghemat biaya jika Anda menggunakan packing yang sesuai dan juga tepat. Kerusakan barang dalam proses pengiriman menjadi berkurang jika Anda memilih jenis packing yang tepat dan sesuai.

Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya lebih karena barang harus ditukar atau diganti karena terjadi kerusakan barang jika menggunakan packing yang tepat. Biaya pengiriman juga menjadi lebih hemat dikarenakan pengemasan barang yang lebih efisien.

Standar persyaratan pengiriman terpenuhi

Dengan menggunakan packing sebelum proses pengiriman, secara tidak langsung standar persyaratan pengiriman barang sudah terpenuhi. Perlu Anda ketahui, setiap jasa pengiriman barang memiliki standar persyaratan pengiriman khusus.

Penggunaan packing yang tepat dan juga sesuai dengan standar, selain membantu memenuhi standar persyaratan pengiriman yang berlaku, juga memastikan jika barang tersebut tidak ditolak oleh kurir maupun jasa dan layanan pengiriman barang.

Pentingnya pengemasan atau packing tentu membuat Anda merasa tenang karena barang yang Anda kirim misalnya cargo China, bisa sampai alamat tujuan dengan selamat. Adanya packing ini dapat memastikan jika barang yang dikirimkan tetap aman dan terlindungi selama proses pengiriman, memenuhi standar persyaratan dan juga lebih hemat dari segi biaya pengiriman.

Baca juga : Memahami Proses Bea Cukai Saat Mengirim Barang